Prodi Farmasi-STIKES Prima Husada Indonesia, Babelan – BEKASI

Mencetak Pharmapreneur Berakhlak Mulia

Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Bagi Wanita

Siapa yang tidak kenal Daun Sirih?

Sirih merupakan tanaman obat yang tumbuh di Indonesia yang banyak mempunyai manfaat. Tetapi Akhir-akhir ini daun sirih yang paling banyak dimanfaatkan adalah daun sirih merah, nama ilmiahnya adalah Piper ornatum.(L)

Sirih merah selain dikenal sebagai tanaman hias yang eksotis, juga ternyata bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Sirih merah dapat dimanfaatkan sebagai obat dengan cara mengkonsumsi daunnya, atau sebelum dikonsumsi diekstrak terlebih dahulu untuk mengambil bahan aktifnya.

Manfaat Daun Sirih Merah Bagi Wanita

Manfaat Daun Sirih Merah Bagi Wanita

Dalam daun sirih merah terkandung senyawa fito-kimia yakni alkoloid, saponin, tanin dan flavonoid. Secara empiris daun sirih merah dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti diabetes militus, hepatitis, batu ginjal, menurunkan kolesterol, mencegah stroke, asam urat, kanker, hipertensi, radang liver, radang prostat, radang mata, keputihan, maag, kelelahan, nyeri sendi dan memperhalus kulit.

Kandungan kimia lainnya yang terdapat di dalam daun sirih merah adalah minyak atsiri, hidroksikavicol, kavicol, kavibetol, allylprokatekol, karvakrol, eugenol, pcymene, cineole, caryofelen, kadimen estragol, terpenena, dan fenil propada.

Karvakrol bersifat desinfektan, anti jamur, sehingga bisa digunakan untuk obat antiseptik pada bau mulut dan keputihan,

Manfaat Daun sirih untuk organ kewanitaan

Dari zaman dahulu, daun sirih merah telah digunakan oleh para leluhur kita untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Misalnya di pulau Jawa sirih merah dipercaya dapat menyembuhkan ambeien, keputihan dan bau mulut.

Daun sirih merah ini bermanfaat untuk mengurangi keputihan dan menjaga organ kewanitaan karena mengandung bahan antiseptik organ Kewanitaan, caranya; ambil daun sirih merah tua sebanyak 8 lembar dicuci bersih, kemudian diiris-iris selebar 1 cm. Rebus dengan air 800 ml sampai mendidih. Setelah dingin, dipakai untuk membersihkan organ kewanitaan dua kali sehari.

Selain bermanfaat bagi wanita daun sirih juga sangat ampuh mengobati batuk dan menambah nafsu makan.

Siapkan daun sirih merah yang tidak terlalu tua sebanyak 10 lembar, cuci, kemudian rendam dalam alkohol 70 persen selama 30 menit agar bakteri yang menempel pada daun mati. Daun sirih merah ditambah gula putih 100 gram direbus dengan air 4 gelas (800 ml) sampai mendidih dan tersisa satu gelas. Setelah dingin, tuangkan ke dalam botol yang bersih dan steril. Ramuan ini bisa diminum tiga kali sehari, sekali minum satu sendok makan.

Update: Mata merah atau radang mata dapat disembuhkan dengan daun sirih

Caranya: Ambil daun sirih merah yang agak muda (daun kelima dari pucuk) sebanyak 4 lembar, cuci bersih. Rebus dengan air dua gelas hingga mendidih dan tersisa satu gelas. Setelah dingin, air tersebut digunakan untuk merendam mata yang sakit.

Cara pemakaian: Mata dibersihkan atau cuci muka kemudian direndam dengan air rebusan sirih merah secukupnya menggunakan gelas khusus. Gunakan tidak lebih dari tiga kali sehari agar tidak terjadi iritasi pada lapisan mata. Gunakan air rebusan yang bening agar tidak terjadi iritasi pada mata caranya air rebusan diendapkan terlebih dahulu sebelum digunakan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Mei 29, 2012 by in Herbal Medicine.
%d blogger menyukai ini: